tips memilih jurusan kuliah

buat yang udah duduk di kelas 3 pasti di pusingkan dengan mau kemana aku? mau jurusan apa? sedangakan kita engak tau minat kemana, nah sekarang aku mau bagi tips gimana milih jurusan yang memang di bidang kita.

kebanyakan orang yang lama skripsi,itu  salahnya kita memilih jurusan yang dimana dulunya. hasutan orang-orang terdekat contohnya orang tua kita,bener bukan kalo kebanyakan  kita itu ngikutin arahan orang tua. tapi kebanyakan pilihan orang tua baik buat kita, dan juga engak ada salahnya juga kita tau jurusan mana kita minat.

jadi sekarang gua mau kasih tips tentang pilihan jurusan versi gua

1. Hobi

kenapa gua bilang hobi,karena dari hobi ini lah bisa kita tinggatin buat dan enjoy ngejalanin buat kuliah besok-besok. contohnya gua suka kamputer dari dulu, jadi gua cari jurusan apa yang sama di hobi gua dan gua dari pertama duduk di kelas 3 gua uda cari-cari tau sama mba google tentang dampak baik dan buruknya jurusan yang gua pilih.

2. Mata Pelajaran

 yap mata pelajaran yang kita mintat sekarang misalnya, suka sama biologi berarti bidanya kesehatan seperti dokter,bidan,perawat dan lain-lain. mata pelajaran juga berperan penting bagi gua dalam milih jurusan kuliah misalnya gua suka sama kimia yang belajarnya tentang atom dan hcl dkk, masa gua ambil jurusan hubungan internasional sedangkan kita tau kalo HI itu jago bahasa contonya inggris lah gua apa daya gua yang pendiem yang hanya bisa mengukir rumus di buku belakang:)
jadi geas liat-liat mata pelajaran yang akan kita tempuh dan jangan sampe tersesat di jalan kan berabe

3. Sering-sering tanya sama guru bk

disinilah guru bk yang sangat berperan penting buat anak-anak yang mau lulus kebanyakan kita pasti apa sih pekerjaan guru bk, manggil-manggil anak nakal ,terlambat terus di masukin buku hitam? terus jadi kita takut buat deketin guru bk kita dan kebnyakkaan anak murid berkata guru bk suka marah-marah. eits kalian jangan takut sama guru bk karena  inilah tempat curhat yang pas buat minat kita kemana. terus peran penting guru bk banyak banget loh buat kita yang sudah duduk di penghujung bangku sekolah, jadi sekarang kalian harus sering-sering ke guru bk di sekolah dan kalian harus tahu tempe asyik loh deket sama guru bk egk percaya?coba aja deh,gua aja ketagihan buat balik ke ruang bk.

itu aja yang pernah gua lakuin saat gua duduk di bangku penghujung dan sekarang Alhamdullilah gua egk salah jurusan karena emng gua dulu rajin banget buka tuh google dan tanya-tanya abanag dan kakanya gimana pembeljaran jurusan yang meraka pilih, dan jujur gua nih orangnya takut-takut apalagi harus dengan mengenal lingkungan baru di kampus.


tips dari gua emng dikit tapi ini sesuai fakta yang gua lakuin sendiri, daan semoga bermanfaat buat kalian yang baca:)










Komentar

Postingan Populer